Rabu, 16 Oktober 2013

Kenapa ini? Kenapa itu?: Kenapa Ombak Bisa Terjadi?


Untuk pertama kalinya, saya akan membuat sebuah tempat di blog ini untuk menjelaskan fakta fakta yang ada di dunia ini. Oke mari kita mulai........Kenapa ombak terjadi? 


Ada orang bilang bahwa itu karena adanya angin, ada juga yang bilang bahwa ombak terjadi dikarenakan ombak. Sekarang saya ada disini, mencoba untuk memberikan penjelasan mengenai hal ini.

Kata kata orang tadi itu ada benarnya juga, cuma mereka kurang mengerti bahwa suatu kejadian tidak hanya terjadi hanya karena satu hal. banyak faktor faktor yang mendukung terjadinya ombak. Ini dia penjelasan saya.

"Ombak terjadi dengan berbagai faktor yaitu Angin yang menggerakan air, Gravitasi bulan dan matahari, Konveksi di dalam lautan, dan gerakan tektonik dalam dasar lautan. Jadi jika angin tidak bertiup, itu bukan berarti tidak ada ombak. hanya saja ombak akan sedikit lebih mengecil karena tidak ada angin karena masih banyak faktor faktor lain yang menyebabkan ombak."

 Faktor faktor terjadinya ombak:

1. Angin
Angin yang bisa menggerakan air lautan ada banyak. Ada angin darat,angin laut, angin muson barat,dan angin muson tenggara. Asal bukan masuk angin aja ya...(GARING). tapi angin saja tidak cukup. Lanjut ke faktor yang ke-2

2. Gravitasi Bulan dan Matahari
Yap, Gravitasi merekalah yang menarik ombak keatas, meskipun Gravitasi Bulan berpengaruh ke pasang surut lautan, bukan berarti Gravitasi Bulan tidak berpengaruh pada ombak di dalam lautan juga.

3. Konveksi Panas di Lautan
Matahari membuat panas di permukaan lautan, panas membuat konveksi di permukaan dan dalam lautan, konveksi membuat air dingin di dalam lautan naik ke atas sedangkan air panas di permukaan lautan turun ke bawah(airnya pengen dingin).Jika ini terjadi didekat daratan, maka terjadilah ombak.

4. Gerakan Tektonik di Dasar Lautan
Penyebab Tsunami adalah gerakan tektonik. Tsunami adalah ombak yang sangat besar. Jadi gerakan tektonik ini sangat berpengaruh terhadap ombak. Jika gerakanya kecil, maka ombaknya juga agak kecil. Kalo gerakannya besar, maka terjadilah Tsunami.


Sekian dan terrima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar